Berita & Informasi

12Feb2018

TRIK HEMAT: Kenapa Penting Ikut Asuransi? Ini Alasannya!

JAKARTA – Bagi pekerja terutama yang sudah berkeluarga penting saat ini memiliki asuransi. Bisa asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, jiwa, kendaraan, kepemilikan rumah dan lain sebagainya

Perencana keuangan M Andoko menjelaskan, banyak hal penting dari hadirnya asuransi. Pertama, bagi yang sudah berkeluarga asuransi penting sebagai tanggungan.

Misalnya, dia hidup satu bulan dengan biaya keluarga Rp5 juta dengan posisi istri tidak kerja. Artinya ketika suatu saat si suami tidak ada, si istri akan membutuhkan uang Rp5 juta untuk makan dan lainnya.

“Nah penting asuransi untuk apa, mengganti income pendapatan. Misalnya pilih asuransi yang dicover 10 tahun maka hitung uang pertanggungannya Rp5 juta kali 12 kali 10 tahun. Artinya ketika dihitung ada asuransi senilai Rp600 juta, maka si istri dan anak yang bisa ditinggalkan bisa hidup selama 10 tahun ke depan. Itu pun selama 10 tahun istri dan anak harus lebih mandiri,” tuturnya kepada Okezone.

Pentinya asuransi selanjutnya sebagai biaya pendidikan anak. Lagi-lagi kepada yang berkeluarga, asuransi pendidikan sangat penting, di saat orang tua tidak ada alias meninggal, maka dana pendiikan anak tidak boleh terbengkalai.

“Nah itu bisa dijadikan uang pertanggungan atau perusahaan asuransinya membiayai si anak sampai kuliah. Jadi nanti ada uang pertanggungan yang dibayar,” tuturnya.

Asuransi juga penting bagi orang-orang yang dalam konteks harus mengikuti adat. Ketika dia meninggal dia harus dimakamkan di tempat tertentu atau harus diadati seperti Ngaben atau adat Tanah Toraja.

“Itu biaya pemakaman mahal dan pasti jadi beban bagi keluarga. Nah asuransi penting juga untuk warisan,” ujarnya.

Dari semua hal terpenting soal Asuransi, kata Andoko, paling penting sebagai dana darurat. Misalnya, ketika si pencari nafkah tunggal tidak ada, maka dan asuransi bisa digunakan.

Sumber: https://economy.okezone.com/read/2018/01/19/320/1847654/trik-hemat-kenapa-penting-ikut-asuransi-ini-alasannya

  • 12 Feb, 2018
  • kiki rohdiana
  • 0 Comments

Share This Story

Categories

Comments