Berita & Informasi

21Jun2018

Potensi Pasar Asuransi Uang Besar

Bisnis.com, JAKARTA – PT Asuransi Cakrawala Proteksi optimistis dapat merebut pasar produk asuransi uang yang meningkat menjelang lebaran.

Wakil Presiden Direktur Cakrawala Proteksi Nicolaus Prawiro mengakui, permintaan terhadap produk asuransi uang belum meningkat signifikan kendati lalu lintas pengiriman uang mulai ramai.

Dia mengatakan, nasabahnya yang berasal dari perbankan dan lembaga pembiayaan telah memiliki polis tersebut sejak jauh hari karena merupakan program tahunan, sehingga tidak ada permintaan baru. Nasabah korporasi seperti bank, lembaga pembiayaan, atau perusahaan lainnya, telah memprediksi kebutuhan asuransi uang sejak jauh hari.

“Permintaan produk asuransi uang, biasa saja. Tidak ada tambahan permintaan baru. Sebab, nasabah kami sudah mengcover dari jauh hari dan merupakan program tahunan,” katanya dikutip pada Selasa (12/6/2018).

Perseroan memiliki 2 produk asuransi uang di antaranya, cash in safe yang memberikan jaminan terhadap kehilangan uang selama dalam penyimpanan dan cash in transit yang memberikan jaminan terhadap uang selama dalam perjalanan.

Dia menjelaskan, asuransi uang di ATM termasuk dalam kategori cash in safe. Tarif premi dari jenis pertanggungan ini sekitar 0,5%-1% dari harga pertanggungan per tahun. Adapun, tarif premi cash in transit sekitar 10% dari premi asuransi cash in safe.

Kontribusi produk asuransi uang masih sangat kecil yakni kurang dari 5% terhadap pendapatan premi perseroan. Meski demikian, rasio klaimnya masih menguntungkan.

Hingga April 2018, perseroan mencatatkan pendapatan premi sebesar Rp548 miliar atau tumbuh 12,5% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Dia mengatakan, pasar produk asuransi uang sangat besar meski tidak disebutkan angka detailnya. Oleh karena itu, pihaknya akan merebut ‘kue’ tersebut dengan meyakinkan kepada bank dan lembaga pembiayaan agar memindahkan perlindungan asuransinya ke Cakrawala Proteksi. Sebab, pada umumnya perbankan dan lembaga pembiayaan telah memiliki polis asuransi uang dari perusahaan asuransi lain.

“Kontribusi produk asuransi uang sangat kecil. Perlu kerja keras untuk pemasaran produk ini dan lebih agresif. Nasabah untuk produk asuransi uang adalah nasabah korporasi seperti bank dan multifinance. Sebagai asuransi yang notabene masih baru, kami harus rebut kue yang ada di market,” imbuhnya.

 

Sumber : http://finansial.bisnis.com/read/20180612/215/805808/potensi-pasar-asuransi-uang-besar

  • 21 Jun, 2018
  • PT Jasaraharja Putera
  • 0 Comments

Share This Story

Categories

Comments