Berita & Informasi

06Mar2018

Lini Asuransi Kendaraan Bermotor Diproyeksi Tumbuh Konservatif

Bisnis.com, JAKARTA — Asosiasi Asuransi Umum Indonesia memproyeksi pertumbuhan premi asuransi kendaraan bermotor dapat mencapai 5% pada tahun ini, atau mendekati target pertumbuhan ekonomi.

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Dody Achmad Sudiyar Dalimunthe menyatakan perkiraan tersebut lebih akurat mencerminkan transmisi dari penjualan kendaraan ke produksi premi. Selain itu, lanjutnya, Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) dan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) juga belum berani mematok pertumbuhan yang tinggi pada penjualan kendaraan roda dua dan roda empat.

Namun, tidak tertutup kemungkinan realisasi kenaikan premi lebih besar dari proyeksi jika ada perbaikan yang signifikan pada perekonomian dan daya beli masyarakat.

“Harus diingat bahwa pengeluaran konsumsi masyarakat cenderung naik pada tahun politik. Juga adanya kegiatan pada 2018 yang berpotensi mendongkrak konsumsi seperti Asian Games,” terang Dody, Senin (5/3/2018).

AAUI mencatat perolehan premi lini usaha kendaraan bermotor sepanjang tahun lalu sebesar Rp17,2 triliun (unaudited). Jika dibandingkan perolehan premi pada 2016 yang sebesar Rp16,49 triliun, maka angka perolehan pada tahun lalu tumbuh sebesar 4,5%.

AISI sebelumnya memperkirakan penjualan motor akan berada di kisaran 5,8 juta-6,1 juta unit pada tahun ini, lebih tinggi dari capaian 2017 yang sebesar 5,8 juta unit.

Sementara itu, Gaikindo menargetkan penjualan kendaraan roda empat dapat mencapai 1,1 juta unit pada 2018. Angka ini sedikit di atas realisasi penjualan pada tahun lalu yang sebanyak 1,08 juta unit.

Sumber: http://finansial.bisnis.com/read/20180306/215/746368/lini-asuransi-kendaraan-bermotor-diproyeksi-tumbuh-konservatif

  • 6 Mar, 2018
  • PT Jasaraharja Putera
  • 0 Comments

Share This Story

Categories

Comments