Berita & Informasi

09Feb2018

AAUI: Kapasitas Asuransi Nasional Cukup

AAUI: Kapasitas Asuransi Nasional Cukup

Bisnis.com, JAKARTA – Permendag No.82/2017 tentang Penggunaan Angkutan Laut dan Asuransi Nasional untuk Ekspor dan Impor Barang Tertentu, mengatur kewajiban eksportir batu bara dan atau CPO dan  importir beras untuk menggunakan angkutan laut dari perusahaan angkutan laut nasional dan asuransi dari perusahaan perasuransian nasional.

Sesuai ketentuan Pasal 13, kewajiban ini berlaku enam bulan setelah diundangkan atau pada April 2018. Lantas, bagaimana kesiapan perusaahaan perasuransian nasional?

Direktur Eksekutif AAUI Dody Achmad Sudiyar Dalimunthe menyampaikan, kapasitas asuransi nasional masih dapat mengcover asuransi marine cargo untuk ekspor CPO dan batu bara. Dari 76 perusahaan anggota AAUI, sebanyak 71 perusahaan diantaranya dapat menerbitkan polis tersebut. Demikian pula, reasuradur memiliki kapasitas cukup untuk menampung reasuransi.

Hal ini disampaikan menanggapi pertanyaan Bisnis terkait kemungkinan masih adanya celah bagi perusahaan perasuransian asing menggarap pasar asuransi marine cargo untuk ekspor CPO dan batu bara. Pasal 5 Permendag No.82/2017 menyebutkan, dalam hal asuransi dari perusahaan perasuransian nasional masih terbatas ketersediaan atau tidak tersedia, eksportir CPO dan batu bara dan importir beras dapat menggunakan asuransi dari perusahaan perasuransian nasional dan/atau perusahaan perasuransian nasional dan/atau perusahaan perasuransian asing.

“Sepanjang yang saya pahami coverage risiko untuk komoditas tersebut sudah banyak dalam polis dalam negeri. Mungkin jika nilai pertanggungannya sangat besar, maka sebagian reasuransi atau restrosesi akan ditempatkan di reasuradur luar negeri,” katanya.

Sumber: http://finansial.bisnis.com/read/20180209/215/736667/aaui-kapasitas-asuransi-nasional-cukup

  • 9 Feb, 2018
  • kiki rohdiana
  • 0 Comments

Share This Story

Categories

Comments